Simjakon Kontraktor
Simjakon Konsultan
Simjakon Profesi
 
Regulasi dan Produk
Surat Keterangan 2008
Pengaduan
Galeri Foto
Store
Buku Tamu
Info Lelang
 
 Mencari Berita Lainnya?

Kamis, 28 Februari 2013
Teknologi Selubung Terowongan (Shield Tunneling Technology)

Jumat, 22 Februari 2013
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Menerapkan Konsep Gedung Hemat Energi

Kamis, 21 Februari 2013
PERKERASAN ASPAL JALAN DAUR ULANG (RECYCLING)

Sabtu, 01 Desember 2012
RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI KARYAWAN LPJK NASIONAL 2012-2015

Kamis, 09 Agustus 2012
Ulang Tahun LPJK ke-13

 
 
 
Jumat, 23 Nopember 2007
Konvensi Penetapan Rancangan Review SKKNI Instruktur Jasa Konstruksi, Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung, dan Pelaksana Pekerjaan Jalan

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) bekerjasama dengan Pusbin-KPK Departemen Pekerjaan Umum pada tanggal 16-17 November 2007 lalu, kembali mengadakan konvensi penetapan SKKNI. Konvensi kali ini diadakan untuk menetapkan SKKNI tiga jabatan kerja, yakni untuk Instruktur Jasa Konstruksi, Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung, dan Pelaksana Pekerjaan Jalan.  
 
Acara konvensi yang diadakan di ibukota Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Hotel Gumilang Sari, Jl. Dr. Setiabudhi No. 323-325, Bandung ini, merupakan tindak lanjut dari workshop yang pernah diselenggarakan tanggal 24 Oktober 2007 lalu di Gedung Pusbin KPK, Jl. Sapta Taruna Raya, Komplek Departemen PU Pasar Jumat, Jakarta Selatan. Peserta konvensi merupakan perwakilan dari unsur-unsur Perguruan Tinggi, Asosiasi Profesi, Asosiasi Perusahaan, Pemerintah dan beberapa perusahaan terkait. Jumlah keseluruhan peserta yang hadir saat itu, sekitar 60 orang.  
 
Turut hadir dalam acara konvensi ini, Kepala BPKSDM Departemen Pekerjaan Umum, -Budi Yuwono, Tim Pembina Jasa Konstruksi LPJKD Jawa Barat, Ketua Umum LPJKD Jawa Barat –Yoyo Kartoyo, dan tiga orang pejabat Bidang Perekonomian dan Industri Departemen Pekerjaan Umum, -Nani Purwanti, Asep Suryana dan Anung Kuncoro. Sedangkan dari jajaran Dewan LPJKN, tampak hadir Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dewan LPJKN, -Purnomo Soekirno, Jimmy S. Djuwana dan Asrizal Tatang.  
 
Acara diawali oleh sambutan dari Purnomo Soekirno, yang kemudian disambung oleh Budi Yuwono untuk sekaligus membuka secara resmi acara konvensi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Sidang Pleno I, dimana dipaparkan penjelasan tentang tatacata penyusunan standar kompetensi oleh salah seorang anggota Dewan LPJKN -Asrizal Tatang, serta penjelasan tentang tatacara sidang kelompok oleh Direktur III Badan Pelaksana LPJKN, -Soemarjanto.  
 
Setelah itu, peserta konvensi dibagi dalam tiga kelompok sesuai dengan tiga jabatan kerja yang dikonvensikan. Ketiga kelompok tersebut diketuai oleh masing-masing ketua Tim Teknis yang selama ini telah bekerja untuk menyusun draft SKKNI, yakni oleh Syaiful Mahdi dari Asosiasi Instruktur Latihan Kerja Indonesia/AILKI sebagai Ketua Tim Teknis SKKNI Jabatan Kerja Instruktur Jasa Konstruksi, Suardi Bahar dari PT Wijaya Karya sebagai Ketua Tim Teknis SKKNI Jabatan Kerja Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung, dan Benny Djutrisno dari Asosiasi Aspal Beton Indonesia/AABI sebagai Ketua Tim Teknis Jabatan Kerja Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan.  
 
Pada Sidang Pleno Kedua, masing-masing Ketua Kelompok mempresentasikan hasil sidang kelompok dan melaksanakan tanya jawab dengan para peserta konvensi. Setelah semua pertanyaan dan sanggahan bisa dijawab, maka Sidang Pleno II yang dipimpin oleh Asrizal Tatang dan Jimmy S. Djuwana kemudian menyatakan persetujuan konsensus atas pembahasan sidang kelompok. Persetujuan ini ditandai dengan acara penandatanganan Berita Acara Konvensi untuk masing-masing jabatan kerja yang dikonvensikan oleh Purnomo Soekirno, Hafiz Qiswiny, serta masing-masing Ketua Kelompok.  
 
Acara Konvensi Penetapan Rancangan Review SKKNI Instruktur Jasa Konstruksi, Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung, dan Pelaksana Pekerjaan Jalan, kemudian ditutup secara resmi oleh Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dewan LPJKN -Purnomo Soekirno, setelah sebelumnya dibacakan sambutan penutup oleh Kepala Bidang Kompetensi Keterampilan Konstruksi Pusbin KPK, -Krisna Nur Miradi.  
 
Menurut Rina Rusanti, salah seorang panitia penyelenggara konvensi yang berasal dari Bapel LPJKN, seluruh peserta pada kesempatan konvensi ini juga mendapatkan sertifikat telah mengikuti konvensi sesuai dengan bidang masing-masing. Selain Rina, jajaran Bapel LPJKN yang terlibat sebagai panitia adalah Direktur III Bapel LPJKN –Soemarjanto, Kepala Divisi Profesi Bapel LPJKN –Hafis Qiswiny, Agustinus Dikariawan dan Fauzy. Sedangkan dari Bapel LPJKD Jawa Barat, -Naryono dan Dendy. []joe
 


 

Copyrights © 2012 Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) All Rights Reserved.